Peluang Kerja Di Metaverse Di Masa Depan

Peluang Kerja Di Metaverse Di Masa Depan

Markagabriel –┬áPerkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) terus berlanjut hingga saat ini. Bahkan, ini menjadi semakin populer sejak kemunculan Metaverse.

Metaverse itu sendiri tidak lebih dari kombinasi virtual reality (VR) dan kecerdasan buatan (AI). Dimana, teknologi tersebut akan digunakan untuk mengoperasikan ekosistem virtual berbasis akses internet.

Hal ini tentunya akan menciptakan peluang-peluang baru dalam dunia kerja yang bahkan mungkin akan menjadi trend baru di masa depan. Jika kamu memiliki ketertarikan dengan dunia maya, mari kita lihat job apa saja yang akan muncul dengan popularitas metaverse saat ini.

1. Blockchain Engineer

Seorang Blockchain Engineer adalah seseorang yang mendukung pembuatan dan implementasi digital dari blockchain. Idealnya, mereka bekerja pada platform blockchain untuk merancang, mengimplementasikan, menguji, menyebarkan, dan mengelola sistem perangkat lunak.

Di tempat kerja, insinyur blockchain tidak dapat menyelesaikan pekerjaan mereka sendiri. Mereka sering kali harus berkolaborasi dengan insinyur perangkat lunak, terutama dalam pengembangan dan implementasi perangkat lunak.

Untuk mengejar karir di profesi ini, Anda harus memiliki pemahaman yang cukup baik tentang alat pemrograman. Dan mampu memahami apa arti ekosistem terdesentralisasi.

Selain itu, seorang insinyur blockchain harus memiliki beberapa pengalaman terkait dengan desain blockchain. Termasuk meningkatkan sistem hybrid, kontrak penanganan dan pemeliharaan, dll.

2. Software Engineer (Augmented Reality)

Perkembangan teknologi metaverse akhir-akhir ini juga menuntut berbagai perusahaan teknologi dan game untuk dapat mengelola banyak informasi dan data yang akan melampaui pencarian di situs. Untuk itu, perusahaan membutuhkan software engineer yang memiliki keterampilan dalam merancang sistem skala besar.

Tidak hanya itu, mereka juga harus memiliki keterampilan lain seperti komputasi terdistribusi, server dan penyimpanan data, temu kembali informasi, kecerdasan buatan (AR) untuk desain antarmuka pengguna (UI).

Secara umum, seorang insinyur perangkat lunak bekerja dengan bahasa pemrograman yang berbeda. Misalnya seperti Android Java, Android Native, FreeRTOS dan Embedded Linux.

3. Manajer Produk

Posisi manajer produk di perusahaan Metaverse memiliki tanggung jawab terkait pemasaran produk untuk pengalaman sosial dalam realitas virtual, juga dikenal sebagai VR. Berkat realitas virtual, Anda dapat meningkatkan kehadiran seseorang dari jarak jauh dan memperluas koneksi di semua area.

Manajer Produk akan berpartisipasi dalam perencanaan strategis dan fase pemasaran produk, untuk memberikan wawasan pemasaran keluar kepada mitra internal. Tugas utama seorang manajer produk lebih terfokus pada pemahaman sudut pandang pengguna, memanfaatkan peluang secara tepat, dan mengumpulkan umpan balik.

Saat ini, Facebook membuka peluang untuk mengisi posisi Product Marketing Manager di platform Metaverse yang dikembangkannya. Sementara itu, di Coinbase, ada juga lowongan untuk posisi manajer pemasaran produk senior.

4. Desainer Game

Sebagai seorang desainer game di sebuah perusahaan yang bergerak di metaverse, Anda akan diminta untuk mendesain sebuah game, termasuk mengembangkan cerita dan konsep dari alur cerita yang ada.

Desain game sendiri merupakan seni mengimplementasikan kehidupan nyata ke dalam sebuah game.Pada dasarnya, desainer game tidak hanya dituntut untuk membuat game tetapi lebih dari itu. Karakter, aturan permainan, desain layar, antarmuka, dan banyak lagi.

Desainer game juga harus dapat bekerja sama dengan tim produksi lain seperti desainer grafis, manajer produk, insinyur, seniman, dan ahli strategi konten. Sehingga game yang dibuat atau dikembangkan dapat lebih cepat selesai dengan hasil yang memuaskan.

Ada peluang besar bagi desainer game untuk bergabung dengan banyak perusahaan teknologi. Seperti, Facebook, Dapper Labs dan masih banyak lagi.

Referensi:

Blitarkota

gaji komikus webtoon