Cara Kerja Layar LED Yang Sering Digunakan

Cara Kerja Layar LED Yang Sering Digunakan

Markagabriel –¬†Layar LED adalah layar panel datar atau teknologi monitor yang menggunakan larik LED (light emitting diodes) sebagai sumber cahayanya. Saat ini banyak perangkat elektronik baik besar maupun kecil menggunakan layar LED sebagai layar dan sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem. Beberapa contohnya adalah ponsel, TV, tablet, layar komputer, layar laptop, dll.

Layar LED adalah salah satu layar tampilan utama yang digunakan secara komersial. Memang, layar LED memiliki keunggulan yaitu efisiensi dan konsumsi energi yang rendah. Oleh karena itu, layar LED banyak diterapkan pada perangkat portabel dan perangkat yang dapat diisi ulang, seperti ponsel, tablet, dan laptop. Selain hemat energi, LED juga menghasilkan intensitas cahaya yang lebih terang dan tidak menyilaukan.

Cara Kerja Layar LED

Pengoperasian layar LED dilakukan oleh lampu latar jenis LED, sebagian terdiri dari dua lapisan bahan polarisasi dengan kristal cair di antaranya. Ketika arus listrik melewati kristal cair, itu menyebabkan kristal menyelaraskan sehingga cahaya dapat ditransmisikan. Jadi, saat kristal tidak dialiri listrik, cahaya dari lampu latar tidak akan diteruskan.

Teknologi tampilan LED dapat dibandingkan dengan tirai, yang memungkinkan cahaya melewati atau diblokir. Cahaya yang dapat melewati kristal cair akan mengenai filter warna yang terdiri dari tiga warna dasar, yaitu merah, hijau, dan biru (RGB = merah, hijau, biru). Dengan ketiga warna ini, dan dengan menyesuaikan intensitas cahaya, Anda dapat membuat spektrum warna penuh.

Ada tiga konfigurasi lampu latar LED utama:

  • Full-Array adalah LED yang didistribusikan secara merata di belakang seluruh layar untuk memberikan cahaya latar yang lebih merata dan peredupan lokal yang lebih efisien (yaitu menyalakan dan mematikan seluruh area LED). Secara umum, penggunaan metode ini ditemukan pada model kelas atas, tetapi pada tahun 2020 beberapa model kelas menengah juga menawarkannya.
  • Edge-Lit adalah LED yang ditempatkan di tepi layar, dan tergantung pada layarnya, LED dapat ditempatkan di sekitar layar, hanya di sisi kiri dan kanan, atau hanya di bagian atas dan bawah. Dengan demikian, konfigurasi ini memungkinkan layar menjadi sangat tipis. Kelemahannya, bagaimanapun, adalah dapat membuat titik-titik tertentu pada layar lebih terang daripada yang lain untuk gambar yang kurang seragam.
  • Direct-Lit adalah LED yang ditempatkan tepat di belakang layar seperti pada konfigurasi full-array. Namun, ada lebih sedikit LED dalam pengaturan pencahayaan tugas, dan LED ini tidak dapat dikontrol secara terpisah untuk kecerahan optimal. Layar LED yang menyala langsung tidak serapuh layar LED lainnya dan umumnya merupakan pembelian rendah hingga sedang.

Disadari atau tidak, penggunaan layar LED saat ini sudah sangat populer. Anda bisa dengan mudah menjumpai peralatan elektronik yang menggunakan layar LED, seperti ponsel, laptop, rambu jalan dan masih banyak lagi. Namun, apa kelebihan LED agar bisa digunakan secara luas? Beberapa manfaatnya dijelaskan di bawah ini.

  • Kelelahan mata: Layar LED menawarkan kontrol yang lebih baik terhadap kecerahan tinggi dan fitur lain yang dapat membantu mengurangi ketegangan mata.
  • Kualitas Gambar: Layar LED memiliki kontras RGB, yang artinya dapat menciptakan kembali hitam putih yang sebenarnya. Ini menciptakan kualitas gambar yang lebih baik daripada layar lainnya.
  • Ukuran: Jenis lampu LED ini pada dasarnya berukuran kecil. Untuk alasan ini, layar LED lebih kecil dari teknologi tampilan alternatif lainnya. Ketebalan layar LED bisa 1/3 dari ketebalan layar LCD dengan ukuran layar yang sama.
  • Konsumsi Daya: Layar LED mengkonsumsi sedikit daya listrik. Oleh karena itu, bahkan layar LED besar hanya mengkonsumsi sebagian kecil dari listrik yang dikonsumsi oleh layar LCD berukuran serupa.
  • Sudut pandang: Layar LED diterangi secara merata. Oleh karena itu, layar LED memberikan sudut pandang yang lebih luas.
    Lifespan atau umur – Karena tidak ada bagian yang bergerak dan desain yang sederhana, tampilan LED cenderung bertahan lebih lama daripada LCD atau tampilan lainnya.

Referensi:

www.kelasplc.com