Makanan Khas Semarang Yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Semarang Yang Wajib Anda Coba

Markagabriel – Kota Semarang merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang menyajikan kuliner khas Semarang yang lezat dan terkenal. Banyak bangunan tua peninggalan Belanda yang masih berdiri dan menunjukkan sisa-sisa kemegahannya sejak saat itu di kota bersejarah ini.

Selain itu, Kota Semarang juga kaya akan keanekaragaman budaya karena pernah menjadi kota pelabuhan penting untuk perdagangan. Berbagai suku dan budaya hidup rukun dalam satu lingkungan dan menciptakan kerukunan budaya baru.

Hal ini terlihat pada kuliner khas kota Semarang yang banyak dipengaruhi oleh budaya tersebut. Mulai dari jajanan ringan seperti lumpia hingga hidangan utama seperti Nasi Ayam Semarang, sedikit banyak dipengaruhi oleh budaya luar.

1. Lumpia

Makanan khas Semarang lumpia sangat terkenal dengan oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu coba saat berkunjung, begitu juga dengan Bakpia Jogja. Kisah Lumpia berawal dari penciptaan seorang Tionghoa Tjoa Thay Yoe yang tinggal di Semarang dan membuat Lumpia dengan cita rasa lokal.

Resep Lumpia Semarang juga sedikit berbeda dengan masakan asli China, Lun Pia, karena menggunakan rebung sebagai isiannya. Selain rebung, ayam dan udang terkadang diisi dengan lumpia, yang membuatnya semakin nikmat disantap dengan sambal.

Ada banyak tempat untuk menikmati Lumpia Semarang, tetapi yang paling terkenal adalah Lumpia Pandanaran dan Lumpia Gang Lombok. Sepotong Lumpia bisa Anda cicipi dengan harga mulai dari Rs 7.000.00 hingga Rs 17.000,00 per potong.

2. Lapis Legit

Semarang yang pernah menjadi pusat pemerintahan Belanda sedikit banyak menyerap budaya Eropa dan itu terlihat pada Kue Lapis Legitnya. Lapis Legit atau Spekuk terinspirasi dari kue lapis Eropa dengan tambahan berbagai bumbu dan aroma untuk memberikan rasa yang manis.

Resep Lapis Legit tidak jauh berbeda dengan kue lapis lainnya, hanya saja ditambahkan kapulaga dan bumbu lainnya pada adonannya. Kemudian adonan yang sudah jadi dituang ke dalam cetakan sedikit demi sedikit hingga minimal 18 lapis dan tersusun rapi.

Rasa manis dan aromatik bumbu Lapis Legit bisa Anda nikmati di Lapis Legit Anggrek Patisserie, Jl. Majapahit Semarang. Harga satu dus Lapis Legit bervariasi antara Rp25.000 hingga Rp50.000,- tergantung selera dan ukuran kotak.

3. Wingko Babat

Selain jajanan seperti Lumpia, Semarang juga terkenal dengan salah satu jajanan lainnya yaitu Wingko Babat Semarang. Wingko Babat biasanya dapat ditemukan di stasiun kereta api, terminal, serta toko roti dan toko suvenir khas Semarang.

Kue tradisional ini dibuat dari parutan kelapa muda, tepung ketan dan gula yang berbentuk bulat. Rasa kelapa yang asin dan manisnya gula aren yang dipanggang sempurna sangat cocok untuk menemani Anda menikmati kopi atau teh.

Wingko Babat bisa Anda beli di pusat oleh-oleh Semarang, Jl Pandanaran, yang menjual beberapa merek Wingko Babat terkenal. Harga satuan Wingko Babat juga terjangkau, sekitar Rs 2.000 per bungkus atau Rs 26.000 untuk 20.

4. Bandeng Presto

Semarang juga terkenal sebagai kota pesisir, sehingga banyak masakan yang menggunakan bahan utama ikan, seperti Bandeng Presto. Bandeng Presto Semarang pertama kali muncul berkat Hanna Budimulya pada tahun 1977 dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang.

Metode pressure cooker ini melunakkan tulang-tulang kecil daging bandeng. Selain itu, daging ikan bandeng menjadi lebih empuk sehingga sangat nikmat disantap dengan nasi panas dan sambal yang pedas.

Salah satu tempat yang terkenal untuk mencicipi sajian Bandeng Presto ini adalah Bandeng Presto Juwana Elrina yang terletak di Jl. Pandanarán. Anda bisa mendapatkan sekotak lima Bandeng Presto dengan harga sekitar Rs 40.000,00 per kotak.

5. Tahu Gimbal

Selain kue kering dan jajanan, Semarang juga menawarkan makanan yang bisa mengenyangkan, seperti tahu gimbal. Nama Gimbal sendiri berasal dari penambahan campuran tepung dan udang yang tampak ditumpuk dan diletakkan di atas piring.

Makanan khas Semarang, tahu gimbal, juga menggunakan kol mentah, tauge, lontong dan telur sebagai isian selain tahu goreng dan rambut gimbal. Dengan sentuhan kuah kacang yang diencerkan dan perpaduan bumbu terasi, cita rasa Tahu Gimbal yang lezat menjadi sempurna.

Tahu Gimbal Semarang yang cukup terkenal di Semarang adalah Warung Tahu Gimbal Pak Man di Jl.Plampitan Semarang. Selain itu, biasanya makanan ini juga sering dijumpai di tempat wisata Semarang. Jika ingin mencicipi tahu gimbal, siapkan saja Rp 8.000 hingga Rp 12.000 per porsi.

Source:

Eviwisata.com